Jurnalis Islam Channel TV Hadiri Silaturahmi Kakanwil &Toga di Lotim

Selong_ Rangkaian kegiatan Pembinaan dan Silaturahmi Kerukunan Umat Beragama se-Nusa Tenggara Barat, berakhir kemarin (12/4) di Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan yang menjadi agenda tahunan Kanwil Kemenag Provinsi NTBmenjadi ajang pertemuan Kakanwil dan jajaran beserta para tokoh agama level provinsi dengan pegawai Kementerian Agama, juga para tokoh agama di kabupaten/kota.

Acara ini menjadi sedikit istimewa karena juga di hadiri lima jurnalis Islam Channel TV yang berpusat di London, Inggris. Tim yang dipimpin Mr Muhammad Ali Harrah bertujuan untuk melihat lebih dekat kondisi keberagaman khususnya islam di Indonesia. Islam Channel TV sendiri disiarkan hingga ke 133 negara, berisi berita alternatif, kondisi dunia terkini dan program hiburan dari sudut pandang islam. Sejak diluncurkan pada tahun 2004, Islam Channel telah berkembang menjadi platform televisi pintar dan praktis dengan pemrograman yang baik.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Timur H Nasruddin pada kesempatan silaturahmi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kakanwil beserta rombongan tokoh agama yang berkesempatan meluangkan waktu menghadiri dan bertatap muka dengan para pegawai Kemenag Lotim dan para tokoh agama di daerah ini.

Dikatakan, momen ini sangat penting khususnya Kementerian Agama untuk membuka komunikasi dengan semua pihak terkait visi dan misi Kemenag. ia juga menyoroti kondisi dewasa ini, dimana banyak sekali konflik yang mengatasnamakan agama hingga menodai fitrah agama sebagai rahmat bagi alam semesta.

Kakanmenag mengungkapkan, baru-baru ini di Lombok Timur muncul faham sempalan yang melenceng dari ajaran agama induknya hingga menjadi berita nasional. Pengakuan seorang kakek bernama Papuq Bakri yang menganggap dirinya sebagai nabi baru sangat meresahkan masyarakat beberapa waktu lalu dan sempat membuat nama Lombok Timur menjadi perhatian nasional.

Menyikapi hal tersbut Kakanmenag mengajak para tokoh agama memainkan peran strategisnya dalam membina dan mengetahui masalah umat, karena tokoh agama berada paling dekat dengan masyarakat sehingga segala permasalahan keagamaan dapat segera diidentifikasi dan diselesaikan dengan baik.

Kepada aparat Kemenag lotim yang hadir, Kakanmenag menekankan pentingnya sikap melayani dan bukan dilayani. Ia mengharapakan peningkatan kinerja para pegawai yang imbasnya akan positif baik bagi dirinya sendiri, bagi masyarakat dan bagi instansi Kementerian Agama.

“Bagaimanapun juga, kita sebagai aparat negara menjadi contoh, panutan bagi masyarakat, sehingga segala tingkah laku dan perbuatan kita menjadi pencitraan di masyarakat,” demikian ia menekankan.

Dalam kesempatan berikutnya, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ProvinsiNTB yang diwakili H Abdurrahman Kuling menyampaikan perubahan struktur kepengurusanFKUB yang rencananya akan dikukuhkan Gubernur pada 18 April mendatang. selain itu ia menyoroti kondisi keberagaman dan keberagamaan di Lombok timur yang dinilainya aman dan lancar.

Sebagai salah satu tokoh yang mewakili Islam dalam kepengurusan FKUB Prov. NTB, ia mengharapkan peran para tokoh agama agar ngemong di masyarakat guna menciptakan kerukunan dan kedamaian sehingga agama sebagai rahmatan lil `alamin dapat terwujud.

Acara yang dihadiri tidak kurang dari 300 tokoh agama dan pegawai Kemenag Lotim, berlangsung di Aula Kemenag Lotim.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s