100 % Siswa MTsN Model Selong Lulus UN

Selong_ Acara pelepasan siswa/i MTsN Model Selong berbeda dari biasanya dan terasa lebih istimewa dengan hadirnya Bupati Lotim Sukiman Azmi (4/6/12). Pelepasan pun tidak dilakukan di sekolah seperti sekolah lainnya, tapi di Gedung Wanita Selong. Ini sebagai penghargaan kepada 228 siswa yang telah berjuang di UN dan berhasil lulus 100 persen, demikian Kepala Madrasah Tsanawiyah Model Selong Fihiruddin.

Bupati Lotim Sukiman Azmi mengapresiasi para siswa MTsN Model Selong yang telah mampu lulus UN seratus persen, ini semakin menambah deretan keberhasilan sekolah/madrasah di Lombok Timur sehingga mampu membawa kabupaten ini meraih posisi ke-3 tertinggi kelulusan di NTB. Tidak lupa bupati menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua elemen pendidikan baik itu di Diknas maupun Kementerian Agama, Kepala Sekolah dan Madrasah, yang telah bekerja dengan optimal sehingga diperoleh hasil yang memuaskan.

Sebaliknya, Sukiman memberikan pendapatnya tentang pola persiapan bagi siswa menghadapi UN yang dianggap kadang terlalu berlebihan dan membuat siswa stress menghadapi UN. “Untuk guru-guru, jangan takuti anak-anak kita, normal saja. Tidak sepadan usaha yang kita lakukan selama tiga tahun dan menjadi sangat stress untuk ujian selama 3 hari. Banyak hal yang perlu kita luruskan dalam menghadapi UN. Kenapaharus takut/stress? Karena kelulusan UN ditentukan oleh 60 persen nilai ujian dan 40 persen oleh sekolah,” ungkapnya.

Melihat kondisi euforia para siswa yang merayakan kelulusan dengan corat-coret, Bupati menyampaikan idenya agar tahun berikutnya sebelum ujian, baju seragam siswa diserahkan siswa kepada pihak sekolah untuk nantinya disalurkan kepada siswa lainnya yang membutuhkan. “Jika ide ini disetujui maka saya akan membuat peraturan bupati- nya,” katanya.

Sementara Kepala Bidang Mapenda Kanwil Kemenag NTB, Jalalussayuthi mengatakan walau MTsN Model Selong berhasil meluluskan 100 persen siswanya, akan tetapi untuk perolehan nilai ujian belum masuk sepuluh besar NTB. “Hanya MTsN 1 Mataram yang masuk (2 besar provinsi) dan sisanya 4 Madrasah Tsanawiyah swasta,” ungkapnya.

Sebagai MTsN Model, ia pun berharap MTsN Selong bias berbicara banyak dan minimal bisa masuk 10 besar NTB bahkan nasional. Karena sebagai salah satu dari delapan madrasah model di NTB, MTsN Model Selong harus mampu menunjukkkan eksistensinya dan dari segi prestasi tidak boleh kalah dari madrasah swasta maupun sekolah umum.

Acara pelepasan dimeriahkan dengan Tarian, paduan suara dan teater yang dimainkan siswa MTsN Model Selong. Dihadiri Bupati Lotim, Kabid Mapenda, Kepala Kanmenag Lotim, Kasi Mapenda, wali murid, para guru dan siswa MTsN Model Selong.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s