Wapres Tutup MTQN: Al-Quran Mengajarkan Bersyukur dan Optimis

Ambon_“Pertama, kemampuan untuk bersyukur atas nikmat dan rahmat yang dilimpahkan oleh Tuhan YME kepada kita. Dan kedua, kemampuan untuk tetap optimis dan percaya diri dalam menghadapi tantangan apapun,” kata Wapres Boediono dalam sambutan penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Ke-24 di kota Ambon, Maluku, Jumat 15 Juni 2012. Hadir bersama Wapres Boediono adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh, Menteri Agama Suryadharma Ali, Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu dan Ibu Sophie Ralahalu.

Ia melanjutkan, Al-Quran dan Sunnah Rasul juga mengajarkan kepada umat agar menjadi bangsa yang selalu bersikap optimis. Kepada bangsa Indonesia diajarkan etos kerja yang positif karena Islam meminta umat untuk tidak melupakan nasib di dunia di samping tentunya menabung amal untuk kehidupan ukhrawi.

“MTQ diharapkan menjadi ajang untuk tidak hanya melatih dan bertanding membaca, tetapi juga berkompetisi dalam memahami substansi dari ayat-ayat suci al-Quran dengan benar dan tepat,” kata Wapres.

Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu mengatakan, setelah berhasil keluar dari sejumlah konflik di masa lalu, penyelenggaraan MTQ menjadi perpanjangan niatan tulus Provinsi Maluku untuk semakin menata kemajemukan dan membangun masa depan Maluku. MTQ semakin mempererat kohesi sosial dan membangun dialog kritis yang saling mengingatkan dan saling membina. “Itulah kultur agama yang sesungguhnya,” kata Gubernur.

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan gembira melihat ketulusan yang diperlihatkan oleh masyarakat Ambon sejak sebelum, saat berlangsung hingga selesainya MTQ. Ia berharap sikap yang sama akan menjadi perekat kuat nilai-nilai kemajemukan dalam masyarakat Maluku di masa depan.

MTQN ke-25 akan diselenggarakan di Provinsi Kepulauan Riau pada tahun 2014.(pinmas/wapresri)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s