Kakanwil : Ponpes Sebagai Media Mencetak Ulama

Rarang_ Sejak tanggal 28 Juli lalu rombongan Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB, terus keliling melakukan safari ramadhan keseluruh Kab./Kota se-NTB. Senin malam (6/8/12) Kakanwil dan rombongan mengunjungi Ponpes Al-Badriyah Sundak Desa Rarang Kec. Terara Lombok Timur. Pengurus Ponpes sangat bersyukur atas kunjungan ini.

“Saya beserta keluarga besar Pondok Pesantren Al-Badriyah Sundak merasa sangat berbahagia dan menyampaikan ucapan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Bapak Kakanwil beserta rombongan yang telah berkenan berkunjung ke pondok kami. Kami juga mohon maaf sekiranya dalam acara ini, mulai dari penyambutan tadi sore hingga acara ini berakhir ada hal-hal yang kurang berkenan”.

Demikian disampaikan Pimpinan Ponpes, TGH. M. Tohir Badri dalam sambutannya. Selain itu, tokoh bersahaja ini juga menjelaskan sepintas tentang kondisi Ponpes yang dipimpinnya. “Pondok Pesantren Al-Badriyah berdiri pada tahun 1986 atau telah berusia sekitar 26 tahun, jumlah santri yang diasuh sebanyak 655 orang. Adapun lembaga pendidikan yang dikelola yaitu RA, MI, MTs, MA, SMP Islam, SMA Islam dan Perguruan Tinggi. Selain itu kami juga mengelola KBIH dan insya Allah untuk tahun ini ada 88 orang Jamaah Calon Haji (JCH) yang akan berangkat dan untuk tahun depan (2013) sekitar 282 orang JCH”.paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kakanmenag) Lotim, Drs. H. Nasruddin dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pimpinan Ponpes yang telah menerima rombongan safari, “saya menyampaikan ucapan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada Pimpinan dan keluarga besar Ponpes Al-Badriyah Sundak, yang telah menerima rombongan safari dari Kanwil Kementerian Agama dengan baik, selain itu kami juga sangat berterimakasih atas program-program yang dilaksanakan oleh Pondok pesantren, kami merasa sangat terbantu dengan apa telah dilakukan Ponpes dalam membimbing umat”,paparnya.

Sementara itu Kakanwil Kemenag NTB, Drs. H. Usman dalam sambutannya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya, “marilah kita manfaatkan bulan suci ramadhan ini dengan sebaik-baiknya, mengisinya dengan memperbanyak ibadah, sebab sebagaimana kita ketahui bahwa keistimewaan bulan ramadhan jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Selain itu kami berharap kepada masyarakat dan umat Islam pada umumnya untuk tidak terlalu mempermasalahkan perbedaan pendapat di internal umat Islam, seperti perbedaan awal kita mulai berpuasa kemarin, ada yang mulai hari jum’at dan ada yang hari sabtu, siapa yang salah dan siapa yang benar..? yang salah adalah yang tidak puasa” paparnya, yang disambut tepuk tangan oleh para hadirin.

Lebih dari itu Kakanwil juga menyampaikan betapa pentingnya peran pondok pesantren di tengah umat, lebih-lebih di era sekarang ini “Pondok pesantren memiliki peran yang sangat strategis dalam kehidupan umat Islam, Pondok pesantren adalah sebagai media untuk mecetak ulama’, sebab pada zaman sekarang ini ulama’ boleh dibilang sudah langka, kalau ada ulama’ atau tuan guru yang meninggal maka dalam waktu puluhan tahun baru ada penggantinya, itupun kalau ada. Selain itu pondok pesantren juga berperan untuk memperbaiki moral umat, ditengah rusaknya moral umat, kita banyak berharap kepada pesantren untuk memperbaikinya, mengingat sentuhan melalui agama jauh lebih melekat dibandingkan dengan cara-cara lainnya”.papar Kakanwil.

Usai memberikan sambutan Kakanwil menyerahkan bantuan untuk lembaga pendidikan, rumah ibadah dan kaum fakir miskin (du’afa) di Lombok Timut senilai Rp. 2.248.800.000,- (dua milyar dua ratus empat puluh delapan juta delapan ratus ribu rupiah), diterima oleh Kakanmenag Lombok Timur, Kasi Zakat, Pengurus MUI Lotim dan khusus untuk Ponpes Al-Badriyah Sundak diberikan bantuan sebesar 85 juta rupiah yang terima langsung oleh pimpinan Ponpes. (ntb.kemenag.go.id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s