Pendidikan Maju, Semua Bisa Diraih

Selong_ Memimpin suatu lembaga merupakan amanat yang sangat berat, menjadi pemimpin juga menjadikan seseorang memiliki tanggung jawab yang lebih besar dibandingkan dengan karyawan biasa. Seorang pemimpin harus menjadikan dirinya pelayan bagi yang dipimpin (khodimul ummah), bukan menjadi orang yang dilayani (sayyidul ummah). Demikian Kepala Kanmenag Lotim H Nasruddin pada Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Fungsional di  Aula Kemenag Lotim (29/08).

Adapun tiga  pejabat fungsional (Kepala Madrasah) yang dilantik saat itu sebelumnya merupakan guru pada masing-masing madrasah yang kemudian dipimpinnya, yakni Drs Anan dilantik sebagai Kepala MI NW Dsn. Jerua, M Zaini,S.Pd dilantik menjadi Kepala MTs NW Kembang Kerang Kec. Wanasaba, dan Husni Thamrin, S.Pd., Kepala MTs NW Aik Anyar Kec. Sukamulia.

Kepada Kepala Madrasah yang dilantik, Kakanmenag mengingatkan agar menjalin komunikasi dan solidaritas yang baik dengan pengurus yayasan/lembaga tempat madrasah tersebut bernaung dan masyarakat. Karena berada di lingkungan madrasah swasta, tanggung jawab mereka menjadi lebih kompleks.

“Disana (madrasah swasta) ada istilah otonomi madrasah karena dimiliki oleh yayasan, maka loyal kepada pemilik lembaga juga perlu disamping loyal kepada atasan langsung kita di Kementerian Agama,” Kakanmenag.

Ditambahkan, para Kepala Madrasah agar mengerahkan kemampuan mereka untuk meningkatkan kualitas anak didik. “Menjadikan mereka anak-anak yang tangguh, mampu bersaing dan unggul dengan daerah lain baik di NTB maupun wilayah lainnya di Indonesia adalah cita-cita yang harus mampu kita wujudkan,” pesan H Nasruddin.

Ia menekankan bahwa jika dunia pendidikan sudah maju maka segala hal akan dengan mudah bias diraih. Pendidikan adalah kunci menuju kemajuan yang hakiki, jika pendidikan mundur maka kemajuan di bidang lainnya pun akan sulit terwujud. Sebaliknya jika pendidikan maju, maka kemajuan di berbagai bidang akan serta merta menyusul. Dicontohkan Negara-negara maju yang didahului dengan memajukan dunia pendidikan mereka seperti Jepang dan Amerika, juga berimplikasi pada majunya semua aspek.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s